Peresmian Tax Center dan MoU Unsrat dan Kanwil DJP

0
75

Selasa 15 Januari 2019 bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado diadakan Penandatanganan MoU dan Peresmian Tax center di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tax center akan dipusatkan di lantai 2 Gedung Dekan FEB Unsrat Manado.

Acara ini diresmikan langsung oleh Agustin Vita Avantin Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sulutenggomalut dan Ellen Joan Kumaat Rektor Universitas Sam Ratulangi disaksikan oleh para pejabat eselon III dan para dekan, guru besar, para dosen di lingkup Universitas Sam Ratulangi Manado.

Rektor mengutip ungkapan terkenal Raja Louis XIV Jean Baptiste Colbert mengatakan bahwa “Seni memungut dan mengenakan pajak adalah seni untuk mencabut bulu angsa sebanyak-banyaknya dengan teriakan angsa yang sekecil-kecilnya”

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan : Unit Tax Center di UNSRAT harus lebih banyak melakukan kegiatan penting seperti penyelenggaraan seminar, pelatihan, diskusi, pengembangan data base, serta penyelenggaraan brevet konsultan pajak. 
Rektor mengutip ungkapan terkenal Raja Louis XIV Jean Baptiste Colbert mengatakan bahwa “Seni memungut dan mengenakan pajak adalah seni untuk mencabut bulu angsa sebanyak-banyaknya dengan teriakan angsa yang sekecil-kecilnya”.
Dengan demikian pajak merupakan wujud kesadaran masyarakat dalam memberikan kontribusi kepada negara dan karenanya harus dikembalikan ke masyarakat melalui berbagai bentuk kebutuhan publik seperti infrastruktur, subsidi pendidikan, pelayanan, serta investasi publik lainnya. 
Rektor berharap Tax Center menjadi lembaga pendidikan dan kajian yang mendukung kegiatan akademik dengan fokus utamanya pada penelitian/kajian akademik dan pengabdian masyarakat di bidang perpajakan, kepabeanan dan cukai secara berkelanjutan. 
Kakanwil DJP Suluttenggomalut Ibu Agustin Vita Avantin dalam sambutannya mengatakan: Kerjasama ini untuk menanamkan kesadaran pajak pemahaman pajak ketika dibangku kuliah juga mulai dari Sekolah Dasar. 
Kakanwil berharap, tahun 2019 ini Universitas Sam Ratulangi menjadi pusat kajian universitas di Sulawesi Utara bahkan di wilayah Suluttenggomalut. 
Dengan diaktifkannya kembali Tax Center kesempatan untuk mahasiswa melakukan studi banding, penelitian dan magang terbuka kembali.

Kakanwil DJP Suluttenggomalut Ibu Agustin Vita Avantin dalam sambutannya mengatakan: Kerjasama ini untuk menanamkan kesadaran pajak pemahaman pajak ketika dibangku kuliah juga mulai dari Sekolah Dasar.