Sejarah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT

0
131

Keberadaan FEB UNSRAT tidak terlepas dari sejarah UNSRAT, yang bermula dari dua perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Pinaesaan yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 1954 di Tondano, dan Universitas Permesta. yang menyusul didirikan pada tanggal 23 September 1957 di Manado. Kedua universitas ini digabung menjadi Perguruan Tinggi Manado yang disingkat PTM, pada tanggal 1 Agustus 1958 berdasarkan Surat Keputusan Penguasa Perang Daerah Sulawesi Utara Tengah Nomor 3/PENG/PMK/VII/1958 tertanggal 23 Juli 1958. Pada waktu itu, PTM hanya memiliki 4 fakultas, diantaranya Fakultas Ekonomi. Tiga fakultas lainnya, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, dan Fakultas Tatapraja.

Pada Bulan Oktober Tahun 1958 Perguruan Tinggi Manado (PTM) berganti nama menjadi Universitas Sulawesi Utara Tengah yang disingkat UNSUT, dan kemudian pada Tahun 1960 singkatan ini diubah menjadi UNISUT. Tahun inilah berdasarkan Keputusan Rapat Senat FE UNSRAT dijadikan sebagai tahun berdirinya FE UNSRAT yang dirayakan setiap tahun, dan kini telah memasuki tahun yang ke-54.

Pada Tahun 1961 UNISUT berubah status dengan disahkannya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Keputusan Menteri PTIP No. 22 Tahun 1961, tertanggal 4 Juli 1961 dengan nama Universitas Sulawesi Utara dan Tengah yang disingkat UNSULUTENG. Pada waktu itu, UNSULUTENG telah memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Sastra, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian dan Peternakan, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 277 Tahun 1965, tertanggal 14 September 1965, nama UNSULUTENG diganti menjadi Universitas Sam Ratulangi yang disingkat UNSRAT, dengan 9 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Sosial dan Politik, Fakultas Sastra, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Perikanan. Di awal Tahun 2000 UNSRAT ketambahan Fakultas Matematika dan IPA (MIPA).

Kuliah perdana di FE UNSRAT dilakukan pada tanggal 16 Agustus tahun 1958 bertempat di Gedung SMP Zuster St. Joseph Gestich RK (sekarang Gedung SMP Zuster Jl. Sam Ratulangi Manado). Pada waktu itu kuliah disampaikan oleh Drs. R.H. Lalisang, sebagai Sekretaris Presidium/Sekretaris Dewan Kurator PTM sekaligus merangkap Ketua Fakultas Ekonomi. Kantor tata usaha dipusatkan di Sekretariat PTM, di Gedung Pertemuan (Boundsgebouw) RK, sekarang Gedung Wisma Montini Jl. Sam Ratulangi.

Pada awal berdirinya, FE UNSRAT hanya memiliki 2 jurusan yaitu Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahaan. Pada Tahun 1980 kedua jurusan ini berganti nama, yaitu Jurusan Ekonomi Umum menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, dan Jurusan Ekonomi Perusahaan menjadi Jurusan Manajemen. Khusus Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di Tahun 2000 menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan selanjutnya pada Tahun 2009 menjadi Ekonomi Pembangunan.

Pada awal berdirinya, FE UNSRAT hanya memiliki 2 jurusan yaitu Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahaan. Pada Tahun 1980 kedua jurusan ini berganti nama, yaitu Jurusan Ekonomi Umum menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, dan Jurusan Ekonomi Perusahaan menjadi Jurusan Manajemen. Khusus Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di Tahun 2000 menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan selanjutnya pada Tahun 2009 menjadi Ekonomi Pembangunan.

Munculnya berbagai masalah dan isu-isu global dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi membuat setiap institusi baik pemerintah maupun swasta melakukan pengembangan sumberdaya manusia. Sehubungan dengan kondisi yang berkembang pada waktu itu, FE UNSRAT pada Tahun 1978 membuka Kelas Sore untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang telah bekerja dan ingin melanjutkan studi pada pendidikan tinggi. Pada awalnya pembukaan Kelas Sore dikoordinir langsung oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik. Pada Tahun 1992, Kelas Sore ditingkatkan statusnya menjadi Program Reguler Sore. Berdasarkan SK. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKBUD No. 413/DIKTI Kep/1996, tertanggal 6 Agustus 1996 Program Reguler Sore dikenal dengan nama Program Ekstensi, namun sejak tahun 2009 sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Program Ekstensi disebut kembali menjadi Program Reguler Sore (SK. Dekan No. 21/H12.5/KU/2009).

Pada Tahun 1981 dibuka Jurusan Akuntansi dibawa binaan Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, dan berdiri secara mandiri di Tahun 1994. Pada Tahun 2004 Jurusan Akuntansi mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Perkembangan selanjutnya, menyadari pentingnya mempersiapkan tenaga kerja global, maka pada Tahun 1993 dibukalah Program International Business Administration (IBA) yang kian diminati sampai saat ini. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja lokal akan tenaga madya siap abdi, FE UNSRAT membuka Program Diploma Tiga (D3) untuk semua jurusan diawal tahun 1980-an. Dalam perjalanan selanjutnya, mulai Tahun 2009 FE UNSRAT tidak lagi menerima mahasiswa Program Diploma Tiga.

Era persaingan yang semakin ketat akhir abad XX dan memasuki era milenium III, dunia bisnis dan organisasi pemerintahan membutuhkan pemimpin dan manajer yang Profesional agar survive dan unggul. Menyadari hal ini, FE UNSRAT membuka Program Magister jalur Profesi, yaitu Program Magister Manajemen, Program Magister Ekonomi Pembangunan, dan Program Magister Akuntansi. Pada Tahun 2011 Program Magister Ekonomi Pembangunan yang semula merupakan program jalur pendidikan Profesi berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI menjadi Program Magister Ilmu Ekonomi.

Pada tahun 2012 Fakultas Ekonomi telah menyelenggarakan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen berdasarkan SK Penyelenggara Nomor 443/E/O/2012 tanggal 27 Desember 2012 mengenai penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (S3). Sehingga pada tahun inilah Fakultas Ekonomi menjadi satu-satunya fakultas di UNSRAT yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di semua jenjang, antara lain: 1) Pendidikan Vokasi yaitu Pendidikan Profesi Akuntansi dengan Gelar Ak,2) Pendidikan Sarjana (S1) Jurusan Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi dengan Gelar Sarjana Ekonomi (SE); 3) Pendidikan Pascasarjana (S2) yaitu Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pembangunan dengan Gelar ME, Magister Manjemen dengan Gelar MM, Magister Akuntansi dengan Gelar MSA; dan 4) Pendidikan Pascasarjana Doktor (S3) yaitu Program Studi Doktor Ilmu Manajemen dengan Gelar Dr; serta 5) pendidikan sarjana unggulan fakultas yaitu International Business Administration merupakan Kelas Internasional Jurusan Manajemen.

Pada tahun 2013, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mulai digunakan sebagai nama fakultas menggantikan Fakultas Ekonomi. Perubahan nama ini sudah diawali dan berkembang sejak beberapa waktu yang lalu dari Konsorsium Fakultas Ekonomi seluruh Indonesia yang sepakat untuk berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ditambah lagi pada tahun yang sama dikeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 49 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kelola UNSRAT. Di dalamnya mengatur antara lain sisi administratif organisasi UNSRAT yang berdampak pada perubahan nama jabatan pembantu dekan menjadi wakil dekan dan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sejak berdirinya FE UNSRAT yang saat ini menjadi FEB UNSRAT telah mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan mulai dari tahun 1958, dan saat ini dijabat oleh Dr. Herman Karamoy, SE., MSi., Ak., CA sebagai Dekan FEB UNSRAT untuk periode kepemimpinan 2016 – 2020.

Nama Pejabat Dekan FEB UNSRAT Periode Kepemimpinan Keterangan
Drs. R.H Lalisang (Alm) 1958 – 1961 Perguruan Tinggi Manado/UNSUT/UNISUT
Drs. Alexius Raranta (Alm) 1961 – 1965 Universitas Sulawesi Utara dan Tengah(UNSULUTENG)
Prof. Dr. Hendricus Kandou (Alm) 1965 – 1973 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Drs. Abraham Niode (Alm) 1973 – 1977 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Prof. Drs. Joseph A. Raco (Alm) 1977 – 1980 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Prof. Drs. Ferry A.S. Palar (Alm) 1980 – 1987 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Prof. Drs. Joseph A. Raco (Alm) 1987 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Prof. Drs. Richard P.L. Kakauhe, Ak (Alm) 1987 – 1994 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Prof. Dra. Indriaty Najoan-Pondaag, MS (Alm) 1994 – 1999 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Prof. Dr. Dra. Lotje Kawet, MS (Alm) 1999 – 2008 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Prof. Dr. David P.E. Saerang, SE., MCom(Hons) 2008 – 2016 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)
Dr. Herman Karamoy, SE., MSi., Ak., CA 2016 – 2020 Universitas Sam Ratulangi(UNSRAT)


Berbagai prestasi telah dicapai oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada tahun 2006, FEB UNSRAT menjadi satu-satunya fakultas di lingkungan UNSRAT yang seluruh jurusannya Terakreditasi A oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan capaian ini tetap dipertahankan sampai pada reakreditas di Tahun 2011. Pada tahun 2014 Program Studi Jenjang Magister (S2) yaitu: Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pembangunan; Magister Manajemen; dan Magister Akuntansi telah terakreditas B oleh BAN-PT. Prestasi gemilang juga telah diraih oleh fakultas ini dimana pada tahun 2015 ini Program Pascasarjana yaitu Program Studi Doktor Ilmu Manajemen yang baru pertama kali terkareditas, mendapatkan Akreditasi B oleh BAN-PT. Hal yang membanggakan bagi seluruh civitas akademik yaitu FEB UNSRAT pada tahun 2015 ini telah menjadi Anggota Akreditasi Internasional yaitu ABEST 21.

Prestasi di bidang kerjasama internasional telah dilakukan oleh FEB UNSRAT dengan Universitas Luar Negeri ternama. Tahun 2013 FEB UNSRAT dengan Kelas Internasionalnya yaitu Internasional Business Administration telah bekerjasama dengan Canterbury University (CU) di New Zealand untuk student exchange program sehingga mahasiswa IBA bisa mendapatkan Double Degree yaitu Sarjana Ekonomi (SE) dan Bachelor of Commerce (B.Comm). Pada tahun 2015 ini, telah dimulainya Kelas Internasional pada di Program Studi Magister Manajemen (PSMM) bekerjasama dengan Universitas Utara Malaysia. Adanya kelas internasional pada tingkat pascasarjana memberi peluang adanya pertukaran mahasiswa dan pengajar, serta kerjasama akademik lainnya. Salah satu poin pentingya dari kerjasama ini yaitu Mahasiswa PSMM dapat melajutkan studi di Universitas Utara Malaysia dan mendapatkan gelar ganda atau double degree. Tantangan ke depan, upaya pendidikan tinggi berkelanjutan terus diupayakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi dengan terus berupaya meningkatkan Akreditas Nasional oleh BAN-PT dan tentunya dapat terakreditas internasional salah satunya yaitu Terakreditas Internasional oleh ABEST21.