Kerjasama FEB UNSRAT dan PT. Pegadaian Wilayah V Manado

0
94

Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi Manado bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado, Sulawesi Utara. Bentuk kerja sama itu ialah pemagangan 123 mahasiswa Jurusan Manajemen FEB Unsrat di Pegadaian Kanwil V Manado. Pelepasan dan penerimaan mahasiswa magang FEB Unsrat tahun ajaran 2019/2020 berlangsung Selasa (10/09/2019). Pimpinan Wilayah PT. Pegadaian Manado, Zulfan Adam, SE., MM dan Dekan FEB Unsrat, Dr. Herman Karamoy, SE., MM., Ak., CA menandatangani kerja sama tentang praktek kerja lapangan dan program edukasi jasa keuangan, Selasa (10/09/2019). Proses edukasi itu akan berlangsung selama 2 bulan, selang 10 September hingga 10 November 2019. Zulfan Adam mengatakan, selain belajar mahasiswa magang diharapkan dapat menguasai ‘product knowledge’ Pegadaian.

“Selain itu kiranya bisa ikut memasarkannya di kalangan milenial sebagai bentuk aplikasi dari ilmu yang selama ini diperoleh pada masa kuliah melalui pola keagenan Pegadaian,” kata Zulfan dalam keterangan tertulis ke Tribun Manado, Rabu (11/09/2019). Katanya, Pegadaian tidak hanya fokus pada bisnis gadai saja. Saat Pegadaian telah bertransformasi dengan berbagai inovasi produk berupa modal usaha, pembiayaan, investasi emas. “Bahkan sampai produk multi payment seperti pulsa listrik, telepon dan banyak lagi,” ujar dia. Kemudian, untuk memudahkan transaksi Pegadaian kini mengembangkan aplikasi yang dapat di-download di smartphone  yaitu Pegadaian Digital Service (PDS). Sejumlah fitur dalam aplikasi ini untuk bisa memudahkan costumer melakukan pembayaran, penyetoran, perpanjangan kontrak atau pinjaman. “Sehingga tidak perlu capek-capek dan buang waktu untuk antre di outlet Pegadaian,” katanya.

Dekan FEB Unsrat, Herman Karamoy mengatakan, ini kolaborasi pertama FEB Unsrat dan PT. Pegadaian Kanwil Manado dalam bentuk Pemagangan dengan model yang baru. “Diharapkan mahasiswa bisa menerapkan ilmu pengetahuannya dalam magang dan sekalian mendapat pengetahuan yang lain,” kata Dekan. Pengetahuan lain dimaksud yang berhubungan dengan studi yang tidak di dapat di bangku kuliah. Kemudian, mahasiswa dapat belajar bekerja sambil berbisnis yang nyata dalam program magang ini.