Pelaksanaan The 5th IFA International Conference

0
71

Indonesian Finance Association (IFA) International Conference ke-5 yang berlangsung di Manado dengan panitia penyelenggara FEB UNSRAT telah dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus 2019 di Hotel Sintesa Peninsula Manado, dengan peserta dari berbagai daerah dan dari Sulawesi Utara sendiri. Dalam opening ceremony yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Grevo S. Gerung, MSc dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan juga mengharapkan asosiasi finansial Indonesia bisa memberikan kontribusi kepada Indonesia melalui penelitian-penelitian yang telah dibuat dan akan dipresentasikan di The 5th IFA International Conference Manado. Adapun tema dari konferensi ini adalah “The Future of Corporate Governance in Digital Economy Transformation”.

Setelah pembukaan diteruskan dengan Keynote Speech oleh Prof. Hans Van Ees dari University of Groningen, The Netherlands dengan judul The strategy role of the board revisited in the Digital Economy dan diteruskan dengan penyampaian dari Suwandi kepala kantor Policy Development and Strategic Management LPS dengan judul “Bank Failure Prediction Model Based on Governance”. Setelah pembukaan di pagi hari dilanjutkan dengan Welcome Dinner di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, yang disambut oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O. E Kandouw. Dalam sambutan Wakil Gubernur mengatakan atas nama bapak Gubernur mengucapkan selamat datang dan selamat baku dapa di bumi Nyiur melambai land of the smiling people kepada akademisi, perbankan, Industri Keuangan Non-Bank, regulator dan ahli keuangan yang berasal luar dari provinsi Sulawesi Utara

”Mudah mudahan alam, masyarakat dan makanan memberikan inspirasi kepada kita semua memberikan aura positif supaya asosiasi ini memberikan suatu output dan outcome yang tidak hanya berguna kepada bapak ibu sekalian tapi yang paling utama bagi nusa dan bangsa, “kata Kandouw.

Dalam kesempatan tersebut Wagub mengingatkan tentang bahaya radikalisme karena sangat berbahaya bagi republik ini untuk itu mari kita jaga kawah candradimuka dari bahaya radikalisme ini. Diakhir sambutan Wagub Kandouw berpantun” abis makan dendeng balado makan mangga manalagi siapa datang ke manado pasti akan datang lagi”.

Sebelumnya Presiden Indonesian Association Association Prof. Dr. Irwan Ekaputra, SE., MM mengatakan IFA sudah berkonferensi yang ke lima yang pertama di UNS Solo kedua UGM Jogyakarta ketiga UI Depok ke empat Unila Lampung dan ke lima di Sulawesi Utara. Menurut Ekaputra, acara ini menjadi ajang silahturahmi dalam jangka panjang yang ikut konferensi otomatis menjadi anggota IFA. Acara ini di hadiri oleh Presiden Kehormatan Indonesian Finance Association Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, perwakilan dari LPS Suwandi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT Dr. Herman Karamoy, SE., MM., Ak., CA dan Ketua Panitia Joy Elly Tulung, SE., MSc., PhD serta seluruh panitia dosen dan mahasiswa FEB UNSRAT.